Cinta dan Persahabatan

Filsuf Yunani membagi cinta dalam tiga tahapan:eros,philos dan agape.

Cinta sensual adalah eros. Cinta ini ditandai oleh keinginan memiliki,menuntut,merengek,mendesak. Eros ingin mengambil, bukan memberi. Orang Romawi menggambarkannya sebagai Cupid,yang melepaskan anak panah beracun ke jantung manusia. Eros bukannya tanpa manfaat, melalui eros kita mendapatkan kehangatan dengan orang tertentu,melalui eros ada kerinduan untuk selalu memandangi wajah yang dicintai. Melalui eros,kita pun dapat memasuki philos.

Philos adalah cinta yang tumbuh dari persahabatan mendalam. Kita sudah bergerak ke dalam “kami” dan “kita”. Kita bukan hanya menuntut,melainkan berbagi. Kita berempati dengan semua orang. Keindahan tidak lagi dalam hal-hal bendawi,melainkan hubungan kekariban. Yang menarik pada philos bukan sesosok pribadi melainkan kebersamaan;bukan senyuman,melainkan keakraban, bukan pemberian melainkan kebersamaan.

Agape adalah tahap yang palaing tinggi. Cinta ini ditandai dengan perhatian yang aktif kepada orang-orang yang kita cintai,keinginan untuk diterima di sisinya, dambaan untuk memberikan segalanya tanpa syarat. Agape adalah cinta spiritual,yang sudah jauh menyelam dari daratan badaniah ke kedalaman ruhaniah.

Persahabatan dapat dicapai apabila jalan philos yang kita pilih. Ada satu kata baru ang sering kita kemukakan, yaitu sinergi. Stephen Covey memiliki hitung-hitungan yang menarik mengenai sinergi:

TRANSFORMASI Sinergi (1+1=3,10,100)
TRANSAKSI Komunikasi Kompromis (1+1=1,5)
PERLAWANAN Komunikasi defensive (1+1=0,5)
Kebencian (1+1=-1,-10,100)

Logika persahabatan sinergis adalah “Kau mengangkatku,aku mengangkatmu,lalu kita akan bangkit dan naik bersama-sama.” Bersahabatlah dengan cara sinergis,cara persahabatan yang apabila satu orang mengucapkan salam maka yang lain akan membalas dengan seimbang. Salam dibalas salam, doa dibalas doa. Inilah agape terhadap sahabat, cinta yang selalu mengharap munculnya berkah dari cinta. Ketahuilah bahwa berkah berarti berkah bertambahnya manfaat dan kebaikan dari sesuatu.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Rama mengatakan...

Hahahaha,,,, !!
Cinta itu adalah persahabatan,,,
Jadi ingat film india aquw dangsanak ae,,, ^^ !!
Kuch Kuch Ho tahe (<<< Bujur jua kah tulisan nya^^,,, hehehehe ),,, !!
Pas waktu syahrukhan nya manjawab pertanyaan dari ibu nang kijil ntuh pada aat di kelas^^,,, !!!
Hohohoho,,,, !!

Miss Is mengatakan...

Violin_kyen
Nah, q kd nonton film India dingsanak ae

Posting Komentar

Dukung Gerakan 1 juta comment!!