Menulis Itu (Sepertinya) Gampang

Mata kuliah paling susah menurut saya adalah Bahasa Indonesia.

Kenapa???

Karena saya paling ngga bisa dengan yang namanya mengarang.

Jujur aja, nilai B.Indonesia saya cuma C+. Soalnya cuman ada 3 kalo ngga salah dan semuanya itu adalah menulis sebuah karangan berdasarkan tema - tema yang sudah ditentukan. Ya jelas ajalah saya langsung semaput.

Tengok kiri kanan semua pada asyik mengkhayalkan tulisannya masing-masing. Sampe ada yang berlembar-lembar. Wuih,salut dah, bisa dibikin novel tuch. Pas ngeliat kertas sendiri langsung lemas deh. Baru setengah halaman aja udah pusing mikirin kalimat selanjutnya. Benar-benar singkat, padat dan tidak jelas.

Temen satu kos pernah ngasih sebuah buku tentang menulis. Saya lupa judulnya apa *ini penyakit saya yang paling parah,suka melupakan sesuatu tapi yang pasti isi tulisannya sedikit menggugah perasaan dan mencerahkan pikiran yang udah hkadung gelap ini.

Isinya kira-kira kayak gini kalo mau disimpulkan :
"Menulis itu sama dengan bicara. Tulislah apa saja yang ada di dalam pikiranmu. Jangan berpikir untuk menghapus hal-hal sebelumnya. Lakukan hal itu jika kau sudah selesai menulis. Menulislah saat ide muncul. Selalu bawa catatan dan pulpen untuk menuliskan ide-ide yang kau dapat."

Intinya klo mau tulis tulis aja. Ngga peduli kalimatnya rada ngga nyambung ato banyak ejaan yang salah. Menulislah saat ide muncul. Jangan tunda-tunda untuk menulis, karena kemungkinan aja kita jadi lupa dengan apa yang ingin kita tulis. So, menulis jadi lebih gampang.

Yang pasti teruslah berlatih. Practice makes perfect.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Dede Al Mustaqim mengatakan...

Nice post..,,

Berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya .. :) :)
http://dede-spirit89.blogspot.com

Posting Komentar

Dukung Gerakan 1 juta comment!!